Site Loader

LOCATION

Komp. BPPT Jl. Teknologi XVI No. 16-B, Pesanggrahan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Ikan dori kian populer sejak makanan khas negeri ratu Elizabeth, fish and chips, masuk ke Indonesia. Ikan bertekstur sangat lembut ini sontak menjadi salah satu makanan kekinian favorit orang Indonesia karena hampir tak berduri dan tentunya bisa dijadikan lauk makan nasi. Penasaran apa manfaat ikan dori, dan cara bikin fish and chips sendiri di rumah?

Apa saja manfaat ikan ‘dori’?

Setelah meluruskan fakta-faktanya, lantas apa saja manfaat ikan ‘dori’ yang sebetulnya adalah patin dan haddock?

1. Tinggi protein

Ikan merupakan salah satu sumber makanan tinggi protein yang baik bagi tubuh.

Seporsi ikan haddock sebanyak 150 gram mengandung 20,6 gram protein. Angka ini mampu memenuhi kira-kira 40% kebutuhan protein harian tubuh. Kandungan protein dalam ikan patin juga hampir setara, yaitu berkisar antara 13-18 gram per porsinya.

Protein dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun, memperbaiki sel tubuh yang rusak, dan meningkatkan massa otot.

2. Kaya omega-3

Patin dan haddock sama-sama termasuk ikan yang mengandung asam omega-3, meski tidak sekaya salmon atau tuna. Asam lemak omega 3 dan turunannya seperti DHA dan EPA berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Melansir dari berbagai sumber, rutin makan ikan tinggi omega-3 dapat mengurangi kadar lemak jahat dan kolesterol dalam darah. Menurut American Heart Association, konsumsi ikan tinggi omega 3 sebanyak 50 gram setiap seminggu sekali bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Sementara itu, asam lemak omega-3 juga berperan untuk menjaga kesehatan otak. Asupan omega 3 per hari dari makanan sehat dilaporkan dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan depresi.

3. Tinggi vitamin dan mineral

Selain tinggi protein dan omega-3, ikan juga mengandung beragam vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebut saja kalsium, vitamin D, vitamin B kompleks, fosformagnesiumkalium, zat besi, natrium, asam folat, zink, tembaga (copper), selenium, dan mangan.

4. Rendah kalori dan lemak

Ketimbang sumber protein hewani lain seperti daging ayam atau sapi, ikan termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak jenuh. Setiap 100 gram filet ikan umumnya hanya mengandung 90 kalori. Jadi, ikan adalah pilihan lauk yang baik jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan.

Per 100 gram fillet ikan rata-rata mengandung 4 gram lemak, tapi hanya 1 gram lemak yang berasal dari lemak jenuh. Sisanya merupakan lemak tidak jenuh yang baik untuk mengendalikan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Jadi tunggu apalagi ? Yuk segera diorder sesuai dengan kebutuhan yang dicari

Untuk informasi lebih lanjut dan untuk informasi pemesanan bisa hubungi kami :

Mitra Boga Tama

Phone : 0811178631 / 08111631817 (call/wa/sms)

Telp : 021-5850528

Post Author: Admin